Ads 468x60px

Labels

Sabtu, 18 April 2020

GORENG BELUT SAMBAL MERAH


PELATIHAN MENULIS ONLINE
NAMA                        : ROPIYANTO, M.Pd
NARASUMBER         : WIJAYA KUSUMAH (Om Jay)
   Tantangan Tanggal, 18 April 2020


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Para pembaca yang budiman. Mohon izin bercerita tentang Goreng Belut Cabe Ijo Kiriman Om Jay.
Sekira pukul 16.29 WIB Om Jay mengirim kami Sambal Indonesia yang kali ini Brand nya Goreng Belut Cabe Ijo. Ingat branding Blog ya..
Sambal kiriman Om Jay kali ini memang menggugah selera, terbayang sejuta rasa. Eh..maaf kirimannya hanya gambar ya.
Belut ternyata hewan yang memiliki nilai gizi yang luar biasa bagi manusia. Pengalaman penulis secara pribadi baru mengenal belut dapat dikonsumsi adalah sekira masih sekolah tingkat SMP, kalau tidak salah. Semoga benar. Awalnya saya sedikit menyamakan belut seperti Ular, hidup di dalam lumpur, dalam sawah. Ketika penulis masih SD bertemu belut langsung lari karena dikira ular. Maaf ya belut...bukan menghinamu. Sekali lagi maaf.
Namun setelah mencari informasi dan mendapat keterangan dari para ahli gizi, ternyata belut sangat berguna bagi manusia. Nilai nutrisi dalam belut cukup kompleks. Akhirnya, belut termasuk hewan yang cukup diperhitungkan. Akupun ingin mencoba.
Berikut ini merupakan kandungan gizi dalam belut / 100 gram menurut Departemen Kementrian Kesehatan Indonesia dan berbagai sumber lainnya :
1.      Energi (Kalori) 303 kkal
2.      Protein 18,4 g
3.      Lemak 27 g
4.      Karbohidrat 0 g
5.      Kalsium 20 mg
6.      Fosfor 200 mg
7.      Zat Besi 20 mg
8.      Vitamin A 1.600 SI
9.      Vitamin B1 0,1 mg
10.  Vitamin C 2 mg
11.  Air 58 g
12.  Omega 2, 3 dan 6
13.  Asam Folat
14.  Magnesium
15.  Selenium
16.  Leusin
17.  Arginin



Bagaimana menurut anda, luar biasa belut bukan? Sekarang orang sudah banyak membudidayakan Belut. Sehingga belut menjadi komoditi pangan hampir setiap wilayah Nusantara.
Saat ini sering penulis kepasar melirik-lirik kalau ada yang menjual belut. Jika kelihatan belut, pasti mampir deh. Minimal bertanya harganya, belut sawah atau sungai, menamkap sendiri atau membeli dengan orang lain, baru didapat atau sudah berapa hari dirumah. Banyak sekali pertanyaannya ya..akhirnya beli. Tapi yang keripik belut.
Lah, kok keripik belut. Tadi ceritanya Belut diberi sambal merah!. Ya, maksudnya saat ini belut sudah menjadi pangan dalam berbagai olahan. Paling murah adalah keripik belut. Belut Goreng sambal merah dari Om Jay, pasti Nomor 1.


Ropiyanto, M.Pd
MAN 1 Kepahiang

6 komentar:

 

Sample text

Menulis itu mudah

Sample Text

Bermusyawah perinsip perjuangan Islam

Sample Text

Dengan ilmu hidup menjadi mudah, dengan seni hidup menjadi indah dan dengan agama hidup menjadi terarah dan bermakna
 
Blogger Templates